Senin, 28 November 2011

MANFAAT BLOG BAGI DUNIA PENDIDIKAN

MANFAAT BLOG BAGI DUNIA PENDIDIKAN
Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.
Banyak manfaat-manfaat yang dapat diambil dengan adanya blog bagi para pelaja maupun guru.Proses belajar mengajar adalah inti aktivitas dalam pendidikan. Proses ini terjadi antara guru dan siswa serta dipengaruhi oleh hubungan yang ada dalam proses tersebut. Ini menyebabkan metode belajar siswa juga dipengaruhi oleh metode pengajaran dari gurunya. Seiring dengan pesatnya perkembangan di dunia telekomunikasi yang ditandai dengan era digitalisasi, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tentunya proses belajar mengajar juga menuntut adanya penyesuaian atau linearitas institusi pendidikan dalam penggunaan metode proses belajar mengajar.
pada beberapa tahun terakhir ini blog telah menjadi gaya hidup. Kegiatan blogging telah menjamur di mana-mana dari berbagai kalangan dan setiap elemen masyarakat. Entah itu hanya sebagai buku harian, ungkapan opini, ide, kreatifitas hingga untuk meraup penghasilan lebih dari berbagai macam bisnis dunia maya.
Dengan munculnya keragaman dalam dunia blog senidiri maka terciptalah sebuah dunia maya yang sangat kompleks dan saling melengkapi tak jauh bedanya dengan dunia nyata. Dengan mendapatkan informasi dengan cepat, media sosialisasi (online), mempererat persahabatan, membangun sebuah komunitas, hingga menambah penghasilan dan lain sebagainya. Dari situlah blog bisa menjadi sebuah candu bagi seseorang, hingga tak heran kalau ada seseorang yang rela menghabiskan sebagian besar waktunya di dunia maya.
 Melihat fenomena blog ini, sebenarnya bisa kita manfaatkan dengan maksimal untuk dunia pendidikan. Pengalaman saya sendiri sewaktu masih duduk di bangku sekolah, saya merasa jenuh dengan cara penyampaian materi pelajaran di kelas, sangat membosankan dan hal itu pun tak jauh berbeda dengan yang dirasakan teman-teman. Tidak sedikit dari mereka yang berharap semoga lekas pulang dan segera melakukan aktifitas lainnya.
Dari situ, seandainya para guru punya inisiatif untuk menunjang materi pelajaran lewat blog, pasti akan sangat menyenangkan, dan saya rasa itu adalah cara yang efektif untuk meningkatkan minat belajar para siswanya. Ya, bisa juga kan, misalnya seorang guru memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Para siswanya kemudian bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan. misalnya seperti yang sudah berkembang di sekolah, blog sudah merambat ke semua mahasiswa. contohny blog MAN1 Magelang, blog guru, dll
Materi pelajaran yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan. Selain memperkenalkan teknologi internet di kalangan pelajar dan pengajar, juga bisa menjadi terobosan baru di dunia pendidikan. Teknologi yang semakin canggih ini asal dimanfaatkan semaksimal mungkin, diharapkan dapat menghasilkan suatu perubahan besar, tidak hanya di bidang pendidikan, bahkan mencakup semua bidang
Manfaat  yang lain adalah ketika memberikan tugas kepada siswa, maka guru tersebut menerangkannya secara lisan dan kemudian menampilkannya pada blog. Siswa yang akan mengumpulkan tugas diminta untuk menampilkan jawaban dari tugas dalam blog pribadi siswa tersebut. Penilaian diberikan dengan cara guru tersebut mengunjungi blog siswa untuk kemudian memberikan komentar tentang jawaban tugas yang telah dibuat siswa. Cara ini memberikan arti bahwa siswa tidak hanya bertanggung jawab atas jawaban tugas kepada guru saja, melainkan bertanggung jawab pula kepada publik/pengguna internet sebagai pembaca.
Integrasi blog dalam aktifitas proses belajar mengajar seperti ini secara otomatis meningkatkan waktu “tatap muka” guru dan siswa. Diskusi yang terekam dalam fasilitas komentar yang tersedia pada blog juga dapat menjadi referensi tambahan bagi para pembaca blog dan dapat dilihat serta dibaca kapan saja. Selain mendidik dan mengenalkan siswa menulis melalui media internet, cara-cara ini juga mampu mendongkrak nama institusi pendidikan di dunia maya serta melatih siswa untuk berbagi ilmu dengan orang lain.
Selain itu melalui weblog adalah dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
Melatih kemampuan kita berpikir dan menjadi biasa untuk membangun struktur pemikiran  dengan baik agar orang lain mengerti apa yang ingin disampaikan.Dapat  berencana dalam menuangkan ide-ide dalam tulisan yang bisa dipahami dengan mudah.
Membebaskan untuk berbagi dan berekspresi. Apapun yang dirasa, sedih, kesal, senang, bahagia, jatuh cinta, putus cinta, ditinggal pergi, meninggalkan pergi, semuanya bisa berbagi dan bisa kamu ekrepesikan di Blog.
Menggantikan kelas-kelas diskusi yang selama ini selalu terbatas pada waktu dan sebuah ruangan fisik, sehingga proses pembelajaran pun dapat diselenggarakan dengan lebih fleksibel.Para siswa kemudian bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar